Piece To Piece

Berkata-kata tanpa suara.

Menggugat Ilmu Psikology…

riri...

Sebuah goresan di halaman 280 buku sharing for growing...

Semula aku tergelitik; dengan sebuah sms dari teman…
Diawali dengan sebuah cerita tentang POHON TUA; HUJAN; DAUN; MUSIM GUGUR dan ANGIN…
Dari cerita pendek itu [yang katanya test psikology] aku diminta untuk memilih salah satunya… ; dgn pesan untuk berfikir baik2 sebelum memilih…

Dan apa yg kupilih; aku memilih daun yang hijau…karena aku menyukai kehijauannnya; rimbunnya yang meneduhkan (sebenarnya lbh krn sbgai penyuka warna hijau). Setelah itu; datanglah sms selanjutnya yang menyebutkan makna dari setiap pilihan tadi. Betapa terkejutnya aku; apakah memang seperti itu…sebuah test psikology yg menganalogikan kita sebagai sesuatu dan diartikan sebagai bla-bla-bla-bla…

Hemmm; benarkah aku adalah orang seperti daun itu; atau seperti angin itu; atau seperti pohon tua itu hanya dengan kita memilihnya ?–dengan berbagai konteks alasan kita memilih; tentu saja tiap orang berbeda-beda–

Sebuah tanda tanya besar dihati; lantas kutemukan jawabannya; “TIDAK” kataku; kita adalah manusia. Punya akal fikiran…kita tau mana yg benar mana yang salah…Sejelek apapun sifat dan karakter seseorang; klau ada kemauan pasti bisa berubah; menjadi lebih baik tentu saja ^^ . Mungkin benar kebanyakan orang yg memilih pohon kecenderungannya akan seperti ini; pemilih hujan akan seperti itu…tapi tidak semuanya kan? sebuah USAHA untuk menjadi seseorang yg kita inginkan [dgn kebaikan di dalamnya] tentu saja menjadi sesuatu yg lebih utama…setidaknya begitulah yg saat ini ada dibenakku.

Rumus kebaikan yg sangat kupercaya adalah seperti ini; AKU BUKAN ORANG YANG…; TP AKU BERUSAHA UNTUK…

titik2nya bisa diisi dgn semua jenis kebaikan yg kita ingin capai sebagai bagian dari diri kita.-silahkan isi sebanyak-banyaknya titik-titik diatas selama kita masih berkesampatan berpijak di bumi yang fana ini-

sama juga analoginya dengan petikan kalimat dari buku Sakinah Bersamamu karangan Asma Nadia; Menyerah karena cinta adalah hal yang biasa; Tp dalam pernikahan mempertahankan cinta adalah perjuangan dan kewajiban *kurang lebih seperti itu-saya tidak ingat persis*.Hehehe mungkin terlalu jauh…yaaaah…tapi kan masih sama2 berhubungan dangan sebuah USAHA; effort klo bhs inggisnya…demi gitu looh…

InsyaAllah riri tetap berusaha untuk menjadi lebih baik; melakukan kebaikan-kebaikan kecil; tidak sempurna; hanya gadis kecil yang biasa saja…yang punya banyak impian; punya banyak senyum; dan punya banyak juga air mata…heheeh*kau bilang aku pemimpi?? boleh lah…kuterima itu sebagai pujian*
Sekarang ini aku adalah hujan yg sedang mencari seseorang itu. Dan dalam mimpiku itu aku adalah pohon yang akan setia dengan seseorang itu; yah seseorang itu; siapapun dia dan dimanapun dia berada sekarang. *salamku untuknya ya Allah* AMIIN…

Berikut spenggal ceritanya:
Ada sebatang POHON TUA; bila HUJAN turun, beberapa kuncup DAUN tumbuh; bila MUSIM GUGUR datang, ANGIN menerbangkan semua DAUNnya…

Arti untuk tiap pilihan diatas:

HUJAN: anda mau mencari seseorang yg benar2 cinta dan suka tentang anda

MUSIM GUGUR: anda selalu mencintai 2 orang dalam 1 masa

ANGIN: anda adalah orang ke-3 dalam cinta segitiga

POHON TUA: anda begitu setia dengan pasangan anda

DAUN: anda adalah playgirl or playboy

(diambil dr buku filosofi berbahasa malaysia; 90% jawaban yang dipilih adalah cermin diri anda)

Single Post Navigation

12 thoughts on “Menggugat Ilmu Psikology…

  1. Pingback: Demi Crop Circle, Warga Rela Panjat Pohon | Indonesia Search Engine

  2. Haha… Jangan terlalu dimasukkan dalam hati mba Riri(menghibur). Aku memilih hujan pun karena aku menyukai hujan. Bahkan aku punya playlist berjudul “Hujan” yang menampung smua lagu yang diliriknya memuat kata hujan/gerimis/rain(bow). Hehe
    Good luck ya girl!!

  3. bismillah,

    saya kira isinya bakal mengulas ilmu psikologi tu gimana sehingga digugat karena besalah. saya tertarik membacaya karna saya suka dengan psikologi. psikologi setahu saya bukan ilmu pasti sebagaimana matematika. untuk itu wajar jika ada yang tidak sesuai. namun kebanyakan analisa psikologi benar. kenapa, karena sejauh yang saya tau teori2 atau test2 psikologi berasal dari pengamatan atau kebiasaan2. CMIIW. untuk itu tidak seharusnya menggunakan kata menggugat karena psikologi tidak sepenuhnya salah juga kan??

  4. @ekonugroho thx commentnya…^^;
    saya mengunakan kata menggugat disini as personal; krn saya juga suka psikology …ehmm…lebih bisa dibilang suka mengamati karakter seseorang; bukan ilmunya secara keseluruhan.dari situ saya sedikit mengetahui klo tiap orang diciptakan sbg individu yg unik.
    teori2 psikologi mungkin emang dikembangkan dan disimpulkan dari pengamantan sampel dan menyimpulkan berdasarkan variabel utama yg ditemui pd populasi sampel itu…yah selayaknya penelitian kuantitatif…hehehe…jadi untuk kasus tertentu terutama soal diatas saya menggugat hasilnya…karena saya tidak include dlm populasi yg sesuai dgn teori itu…; hanya sedangkal itu saja maksud saya kok…

  5. hahahaha..
    itu otak-atik gathuk mbak.. we’re what we think we’re, right? hehehe..

    *weh wis updet euy blog-e.. aku melewatkan banyak postingan dr terakhir aku buka..😀

    hehehe…bener mas; setujuh saia…heheehe.wingi aku yo mampir blogmu; jalan2 terusss euyy.Btw; wingi teko ra nikahane eni??

  6. saya tau tebakan itu dari kaskus,tp kebenarannya lum pernah menanyakan ke teman2 psikologi :)…CMIIW

    @arif ga usah ditanyain ke orang lain deh; tanya ke diri sendiri aja…mesti jawabannya lebih sesuai.heheeheh custom geto

  7. Thx awardnya kang; heehehe…

  8. ora teko nikahan-e Eni euy.. ora iso..😀

  9. Sangat mendalam ilmu psikologinya

  10. Baru berkunjung,,, tahunya dari plurk..

  11. akuh baru tau soal sms ini td mlm dr teman kuh,,dn kebetulan akuh pilih pohon,,dn stlh tau artinya jujur akuh sempat ‘GR’ dn pgn tau arti yg lainnya,,tp tmn kuh menolak dg alasan anda hny bole memilih hny 1 jawaban ja,,
    krn penasaran akuh cba cri di internet,,dn akuh temukan d sini,,😀

Leave a Reply

